Berita Lembaga Survei,

Genap Berusia 8 Tahun, Ini Catatan Prestasi JSI

Rabu, Agustus 10, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments

PILKADA.OR.IDJaringan Suara Indonesia (JSI) genap berusia delapan tahun, hari ini. Semenjak didirikan 8 Agustus 2008, lembaga survei dan konsultan politik nasional itu sudah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan.

Tak tanggung-tanggung, selama 8 tahun, JSI sudah berhasil memenangkan 44 pilkada dari 61 total pendampingan yang dilakukannya diberbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pemilihan bupati/wali kota hingga pemilihan gubernur.
Selain itu, JSI yang didirikan Widdi Aswindi, Fajar S Tamin, Popon Lingga Geni, Eka Kusmayadi, dan Nukie Basuki, juga berhasil memenangkan 36 calon anggota legislatif DPR, baik di Pemilu 2009, maupun di Pemilu 2014 dari total yang didampingi 48.
Angka kemenangan tersebut belum termasuk kesuksesan JSI mengantarkan puluhan caleg DPRD provinsi dan kabupaten/kota di dua pemilu legislatif.
Lewat rilis yang diterima TribunKaltim.co, Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin mengatakan, kemenangan yang dicatat JSI tak lepas dari profesionalisme, integritas dan transparansi dalam mengelola program pemenangan, riset dan komunikasi yang baik dengan klien.
“Kami tentu bersyukur dengan pencapaian itu. Dari dulu, kami memang meyakini dan menerapkan bahwa prestasi hanya bisa dibangun lewat integritas dalam menjalankan profesi, termasuk menghindari bias dan rekayasa saat melakukan tugas. Intinya kunci kemenangan tidak lepas dari penegakan integritas, kredibilitas dan transparansi,” kata Fajar di Jakarta, Senin (8/8/16).
Selain itu, lembaga yang diisi sumber daya berpengalaman di bidang pemenangan dan riset ini, juga selalu menjaga kekompakan, serta setiap saat melakukan evaluasi program yang dijalankan. Termasuk mengkaji plus-minus berbagai regulasi pilkada yang diterapkan penyelenggara.
Sekadar diketahui, dari kemenangan yang ditorehkan JSI di pilkada, sebagian di pemilihan gubernur. Di antaranya, Pilkada Sulsel, Pilkada Sulbar, Pilkada Jawa Tengah, Pilkada Sultra, Pilkada Banten, Pilkada Papua, Pilkada NTB, serta beberapa provinsi lainnya.
Di samping pendampingan, JSI juga sempat melakukan riset di sejumlah provinsi yang menggelar pilgub. Masing-masing, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, serta Maluku.
Khusus quick count atau hitung cepat, JSI mendapat rekor MURI paling presisi dengan kesalahan absolute 0,01%. Begitupun 15quick count dengan selisih rata-rata kurang dari 0,5% hasil pleno penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Wakil Direktur Eksekutif JSI, Popon Lingga Geni menambahkan, meski lembaganya masih tergolong muda, namun bukan penghalang menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan.
“Sepanjang mau berusaha dan bekerja keras, Insya Allah akan membuahkan hasil,” tegas Popon.
Tak lupa, Popon menyampaikan terima kasih kepada relasi, klien dan partai politik yang mempercayakan JSI melakukan pendampingan maupun riset.
Ia berharap, kerjasama tersebut bisa terus berlanjut, sekaligus bersama-sama mengawal proses demokrasi yang lebih baik.
Sebelumnya, pendiri sekaligus komisaris utama JSI, Widdi Aswindi, meminta kepada segenap karyawan dan staf JSI untuk selalu mengevaluasi setiap program yang dijalankan, tanpa larut dengan pencapaian selama ini. Sebab, tantangan ke depan semakin berat di tengah persaingan yang kompetitif.
Di ulang tahun JSI yang ke 8, baik jajaran komisaris, direksi, serta karyawan dan staf, merayakannya secara sederhana di kantornya dengan melakukan pemotongan nasi tumpeng, serta doa bersama. (*)

0 Post a Comment: