Berita Eksekutif,

PPNI Menanti Realisasi Nawacita Jokowi

Jumat, Maret 18, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments



PILKADA.OR.ID - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) konsisten dalam meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, martabat, dan etika profesi perawat. PPNI juga akan memasuki usia 42 tahun pada Kamis, 17 Maret 2016.

"Termasuk dalam mempersatukan dan memberdayakannya serta menunjang pembangunan kesehatan nasional sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-undang No 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan," kata Ketua Umum DPP PPNI, Harif Fadhillah di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Menurutnya, dalam pembanguan nasional, Presiden Jokowi telah merumuskan sembilan agenda prioritas yang dikenal sebagai Nawacita pembanguan nasional. Dimana salah satu prioritasnya berfokus pada peningkatan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan masyarakat, yang dikemas dalam Program Indonesia Sehat.

Hal itu akan diwujudkan melalui Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Perawat berharap ada realisasi dari Nawacita yang di programkan oleh Presiden Jokowi. Namun, selama ini semuanya masih berjalan di tempat,” kata Harif, Rabu (16/3/2016).

Dalam konteks Nawacita ini, PPNI terus memainkan peranannya melalui kerja nyata dalam melayani masyarakat, baik secara kelembagaan diberbagai tingkatan. Mulai dari tingkat pusat hingga di tingkat komisariat, maupun melalui anggotanya yang tersebar diseluruh Indonesia, yang jumlahnya tidak kurang dari 900 ribu Perawat.

“Para perawat hanya menjalani sistem rumah sakit. Kadang perawat di caci maki apabila menyampaikan kepada keluarga pasien karena kamar penuh. Sebetulnya dari perawat sih ingin menerima semua pasien. Tapi semua menjalankan sistem di RS,” tuturnya.

Dia berharap Presiden Jokowi lebih memperhatikan nasib para perawat yang secara pendapatan dan penghargaan masih jauh dari negara lain. Apalagi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Jangan sampai perawat indonesia tertinggal,” tukasnya.

Sekadar diketahui, HUT PPNI sendiri akan di selenggarakan di Kantor Sekretariat PPNI di Lenteng Agung hari Kamis 17 Maret 2016. Acara akan diisi dengan bazar dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

0 Post a Comment: