Elektabilitas,

Daftar Tokoh Muda yang Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta 2024

Sabtu, September 16, 2023 Bambang Heda 0 Comments


Hasil riset big data dan media monitoring menunjukan bahwa adanya pergeseran data ekspos Calon Gubernur DKI Jakarta
2024 Periode Januari 2023 – Juni 2023.

Hasil riset ini disampaikan oleh PoliEco Digital Insights Institute (Pedas) disampaikan pada akhir pekan ini bertempat di Menara 9, Jakarta Selatan.

Direktur PoliEco Digital Insights Institute, Anthony Leong, menyampaikan bahwa riset ini dilakukan untuk melihat pergerakan data pemilih dalam Pemilu dan Pilkada DKI Jakarta tahun depan nanti.

"Hasil riset kami menunjukan bahwa Cagub DKI Jakarta 2024 Top of Mind yaitu: Gibran Rakabuming Raka dengan elektabilitas: 31 persen, disusul, Ahmad Sharoni: 27%, dan Ridwan Kamil: 11%. Namun data yang diriset juga masih relatif sedikit karena percakapan masih didominasi pilpres 2024," ujar Anthony.

Anthony menambahkan pada periode Januari hingga Juni 2023, Perbincangan dan ekspos isu Pemilihan Gubernur DKI Jakarta berjumlah 20.766 data. Terdiri dari 2614 berita online, 15930 twitter, 428 Instagram, 799 Youtube, 995 Facebook.

Selain Cagub Top of Mind ada juga beberapa tokoh yang masuk bursa Cagub DKI Jakarta 2024 ini, seperti: Tri Rismaharini: 8%, Bima Arya Sugiarto: 6%, Heru Budi Hartono: 5%, Grace Natalie: 4%, Ahmad Zaki Iskandar: 3%, Fadil Imran : 2%, Jenderal Dudung Abdurachman: 2%, Emil Dark: 1%, Airin Rachmi Diany: 0,1%, dan terakhir Erwin Aksa : 0,1%.

"Riset big data dan media monitoring bisa menjadi salah satu referensi rujukan bagaimana elektabilitas, popularitas bisa diukur dari perspektif digital" jelas Pakar Digital itu.

PDIP Ungkap Sejumlah Nama yang Berpotensi Jadi Cagub DKI

Beberapa waktu lalu, Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengungkap deretan kepala daerah yang hingga kini masih hangat di kalangan kader sebagai cagub Pilkada DKI 2024.

Mereka yakni Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka; mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi); hingga eks Wali Kota Surabaya yang kini jadi Mensos, Tri Rismaharini.

"Pokoknya kepala daerah yang kita anggap mampu membawa daerahnya lebih baik. Misalkan Mas Gibran," kata Gembong kepada wartawan di DPRD DKI Jakarta, Senin (17/7).

Gembong mengatakan PDIP telah mengevaluasi beberapa nama kepada daerah yang dinilai membawa kemajuan bagi daerah yang dipimpinnya.

PDIP menilai Gibran merupakan salah satu kepala daerah yang mampu mensinergikan pemerintahan Solo terdahulu dengan kepemimpinannya saat ini.

"Salah satunya yang menonjol bagi kami adalah Gibran mampu membangun kesinambungan pemerintahan dari pemerintah sebelumnya dengan sekarang yang dijalankan Gibran dengan memodifikasi kekurangan-kekurangan yang dilakukan oleh sebelumnya," kata Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (17/7).

Selain Gibran, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia, Hendrar Prihadi juga masuk radar cagub DKI Jakarta dari PDIP.

Gembong menyebut pria yang akrab disapa Hendi itu mampu membawa Semarang menjadi kota yang semakin maju.

0 Post a Comment: