Pasangan Calon Walikota Salatiga,

Lima Partai Besar Usung Yulianto - M. Haris di Pilkada Salatiga

Sabtu, September 17, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments

PILKADA.OR.ID - Sebanyak lima partai politik di Kota Salatiga, Jawa Tengah, sepakat mengusung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Periode 2011-2016, Yulianto-M. Haris, dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017.

"Sudah ada rekomendasi dari lima partai untuk kembali mengusung Yulianto-Haris," kata Wakil Wali Kota Salatiga Periode 2011-2016 M. Haris di Salatiga, Sabtu (27/8/2016).

Kelima partai tersebut masing-masing Partai Keadilan Sejahtera, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, serta Partai Amanat Nasional.

Sebanyak 10 kursi kelima partai itu di DPRD Salatiga cukup untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada 2017. "Kemungkinan masih akan ada partai lain lagi yang akan bergabung," kata politikus PKS itu tanpa menjelaskan lebih detail.

Alasan Yulianto-Haris kembali berpasangan untuk periode mendatang kepemimpinan Kota Salatiga, kata dia, karena masih ada beberapa hal yang belum dituntaskan saat lima tahun pertama mereka memimpin daerah setempat.

Selain itu, katanya, meski masa jabatan Yulianto-Haris telah berakhir pada Juli 2016, sementara pilkada baru akan digelar 2017, Haris mengaku tidak mempermasalahkan. "Justru kami lebih leluasa untuk sosialisasi tanpa harus terganggu tugas-tugas birokrasi," katanya.

Pendaftaran bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga rencananya dibuka pada September 2016. Bakal calon yang akan bertarung dalam pilkada nanti minimal harus mengantongi dukungan partai politik yang memiliki minimal lima kursi di DPRD Salatiga. Pilkada Kota Salatiga dipastikan tidak diikuti bakal calon yang maju melalui jalur perseorangan.


Dikirab, Calon Wakil Wali Kota Salatiga Menitikkan Air Mata, Calon Wali Kota Tersenyum

Seusai berdeklarasi di Gedung Pemuda Daerah (GPD) Jalan Pemuda Kota Salatiga, Minggu (4/9/2016), bakal pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga, Yuliyanto dan Muh Haris (Yaris) dikirab.

Diiringi puluhan kelompok seni-budaya Kota Salatiga, keduanya berjalan kaki mulai sekitar pukul 14.30 hingga sekitar pukul 17.00 ini dari Jalan Pemuda, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Letjend Sukowati, dan berakhir di Lapangan Pancasila Kota Salatiga. Ribuan warga dari berbagai penjuru pun memadati tepian jalur yang dilalui keduanya.

Di sela-sela kirab tersebut, wajah bakal Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris tampak haru. Saat menalami warga, air matanya tampak menetes hingga ia harus mengusapnya menggunakan sapu tangan putih. Sedangkan bakal Wali Kota Salatiga Yuliyanto selalu melempar senyum dan terpaksa beberapa kali langkahnya terhenti saat ada warga yang ingin berfoto dengannya.

“Ya capek, tetapi ini adalah bagian dari ikhtiar. Dan menjadi cerminan seorang pemimpin daerah. Harus mau capek,” ucap Yuliyanto kepada Tribun Jateng, Minggu (4/9/2016).

Menurutnya, fokus ke depan pihaknya yang maju melalui Koalisi Hati Beriman dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Salatiga 2017 mendatang adalah meneruskan penataan wajah kota. Lima tahun ke depan, kata dia, adalah finishing program Smart Kota Salatiga.

Secara prinsip, berkomitmen serta merealisasikan berbagai program untuk membangun dan mengembangkan Salatiga menjadi lebih baik.

“Mohon doa restu kepada seluruh elemen masyarakat di Salatiga,” sambungnya.

Bakal Calon Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris menambahkan, deklarasi yang dilakukan kali ini sudah sangat dirasakan dirinya sebagai tanda langkah bersama untuk komitmen mewujudkan visi maupun misi.

Hal itu pula yang membuatnya terharu dan semakin bersemangat untuk melangkah esoknya. Pihaknya pun berjanji akan menjadi pemimpin berkualitas bersama masyarakat Salatiga.

0 Post a Comment: