Elektabilitas

Survei Cagub DKI 2017, Ahok Ungguli Risma & Ridwan Kamil

Minggu, Maret 06, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments

Pusat Data Bersatu (PDB) melakukan survei terkait siapa yang layak bertarung di Pilgub DKI 2017 mendatang. Meski terlalu prematur untuk dibahas, setidaknya ada tiga tokoh yang dianggap layak bertarung. Mereka ialah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tri Rismaharini, dan Ridwan Kamil.
Survei PDB menyebutkan, posisi teratas ditempati Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan prosentase 35,8 persen.
Selanjutnya, di posisi kedua ditempati oleh Tri Rismaharini sebanyak 18,5 persen dan terakhir Ridwan Kamil yang hanya mendapat 11,1 persen.
"Figur Ahok punya dua sisi penilaian, seperti mata uang. Di satu sisi ada karakter dinilai kurang pas tapi di sisi lain juga banyak yang suka juga," kata pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas), Alfan Alfian dalam sebuah diskusi Survei PDB di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (26/6/2015).
Menurut Alfian, Ahok merupakan sosok yang elektabilitasnya paling tinggi. Belum ada tokoh yang mampu mengalahkan elektabilitas mantan Bupati Belitung Timur itu.
Museum Surabaya

Alfan menerangkan, yang membuat prosentase Ahok tinggi karena dia dianggap sebagai seorang pemimpin unconventional leader. Selain itu, pemberitaan media massa menempatkan Ahok sebagai tokoh yang protagonis dan populer.
"Ahok ini hebat, ia dibenci partai tapi sebagian besar disayang publik," tandas Alfan.

0 Post a Comment: