Elektabilitas

Survei: Popularitas dan Elektabilitas Ahok Masih Teratas

Minggu, Maret 06, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments


Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diperkirakan masih kuat dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017. Kepopuleran dan tingkat keterpilihan Ahok masih sangat tinggi. Namun, posisi Gubernur DKI Jakarta ini dinilai belum begitu aman. Pasalnya saat ini belum ada kandidat yang mendeklarasikan diri secara resmi.


Hasil jajak pendapat Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) pada 400 responden di Jakarta menyebut, popularitas Ahok masih sangat tinggi yakni 98,5 persen. Elektabilitasnya juga masih mengungguli nama-nama yang lain yakni 43,5 persen.



Menurut Juru Bicara KedaiKOPI Hendri Satrio, namun dari hasil survei juga diketahui, responden lebih suka pada sosok muda sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. "Sebanyak 50,8 persen responden lebih suka Gubernur datang dari kaum muda, di bawah 45 tahun," kata Hendri dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/2).


Elektabilitas dan popularitas Ahok menurut Hendri juga belum aman karena belum ada tokoh yang mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur. Hendri mencontohkan, jika Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendeklarasikan diri sebagai kandidat calon Gubernur Jakarta, maka diperkirakan elektabilitasnya akan naik menjadi 20,8 persen. Sementara elektabilitas Ahok bakal merosot menjadi 36 persen.



"Elektabilitas Ahok akan turun sebesar 7,5 persen menjadi 36 persen," kata Hendri. 


Nama Emil, sapaan Ridwan, memang digadang-gadang bakal meramaikan bursa calon Gubernur DKI Jakarta. Partai Gerindra sempat menyebut Emil jadi salah satu tokoh yang dipertimbangkan untuk diajukan. Namun Emil sendiri belum memberikan respons pencalonan ini.



Ahok sudah jauh-jauh hari menyatakan bakal maju lagi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Tak adanya partai pengusung tak membuatnya surut melangkah. Ia bertekda maju melalui jalur independen.



Relawan "Teman Ahok" sejak dua tahun terakhir gencar mengumpulkan KTP warga DKI Jakarta sebagai salah satu syarat. Ditargetkan 1 juta KTP bisa terkumpul.



Selain Emil, beberapa nama yang disebut bakal jadi calon gubernur adalah Sandiaga Uno, Adhyaksa Dault, Ahmad Dhani, Abraham Lunggana, Marco Kusuma Wijaya, Yusril Ihza Mahendra, dan beberapa nama lain.

0 Post a Comment: