Berita Partai,

Pengamat: Deparpolisasi Itu Antitesis Partai Politik

Kamis, Maret 17, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments

Isu deparpolisasi parpol menguat setelah PDIP dinilai kesal dengan sikap Gubernur Ahok yang menolak dicalonkan dan memilih jalur independen pada Pilgub DKI Jakarta 2017.

Isu deparpolisasi atau pelemahan partai politik (parpol) menguat setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai kesal dengan sikap Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menolak dicalonkan dan memilih jalur independen pada Pilgub DKI Jakarta 2017. 


Menurut Pengamat Politik IndoStrategi, Pangi Syarwi Chaniago, deparpolisasi dinilai lekat dengan kegagalan parpol dalam membangun sistem dan rekrutmen kader. Alhasil, deparpolisasi menjadi semacam perlawanan terhadap parpol.



"Deparpolisasi itu antitesis partai politik. Ini saat yang tepat bagi partai politik untuk mengevaluasi proses kaderisasi dan rekruitmen partai yang kanalnya macet melahirkan pemimpin yang bisa diandalkan rakyat," tutur Pangi saat dihubungi, Sabtu 12 Maret 2016. 



Pangi mengatakan, deparpolisasi dinilai sebagai sinyal alamiah dan peringatan dini terhadap partai-partai politik. Ia berharap, parpol memperbaiki diri agar tak ditinggal konstituennya pasca menguatnya isu deparpolisasi. "Sudahkah berjalan dengan baik fungsi partai politik seperti fungsi sosialisasi, rektuitmen, pendidikan politik," tandasnya. 

0 Post a Comment: