Calon Bupati Pati,

Calon Bupati Pati 2017 tak Perlu Bertele-tele dalam Kampanye dan Buat Program

Jumat, Juli 15, 2016 Visi Indonesia Proaktif 0 Comments

PILKADA.OR.ID - Pati, Harian Jateng - Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati 2017 tak perlu bertele-tele dalam kampanye dan membuat program kerja. Sebab, visi-misi yang dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Pati harus mengena, terukur dan fokus dalam satu masalah saja.

“Kalau saya melihat, Calon Bupati dan Wakil Bupati ke depan itu perlu fokus. Dengan APBD terbatas, wilayah yang luas, kemudian di Pati intensitas bencananya juga kenceng, itu harus fokus. Apa sih yang mau ditonjolkan, nah itu yang harus dimiliki Calon Bupati Pati,“ ujar Wahid Abdurrahman S.IP, M.Si dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) kepada Harian Jateng, Selasa (9/2/2016).

Misalnya, kata dia, tahun pertama itu infrastruktur. “Ya sudah fokus saja di situ,” beber dosen yang pernah meneliti Pilkada Pati 2011 tersebut.

Tahun ketiga, apa, kata dia. “Kalau kita melihat, kemajuan Pati itu juga jauh tertinggal kalau dibandingkan dengan Kudus, Demak apalagi,” ujar Tim Ahli DPRD Jawa Tengah tersebut.

Inilah tugas berat yang selama ini belum dilakukan Bupati Pati, kata dia, yang selama ini belum fokus bekerja.

“Karena masalahnya memang, mereka tersandera oleh anggaran yang juga digunakan untuk gaji PNS, belanja rutin di luar programnya itu. Itu jumlahnya lebih 40 persen, nah makanya kalau mau memajukan Pati ya harus fokus itu tadi,” beber pria kelahiran Magelang tersebut.

Apalagi, kata dia, potensi di Pati itu kan besar. “Ada Garuda, Dua Kelinci, itu kan bisa dimaksimalkan dan menguntungkan pemerintah. Pati posisinya juga di wilayah Pantura, sehingga memiliki kelebihan dibandingkan dengan daerah lain,” jelas dia.

Kita juga harus melihat Juwana, katanya, yang tingkat kemakmurannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain. (Red-HJ99/Foto: Harian Jateng).

0 Post a Comment: